SMART Corporate Social Responsibility Management
Sebuah konsep Pelatihan dengan kesempatan konsultasi terbatas, dimana peserta diharapkan setelah pelatihan:
1. Memahami konsep dan implikasi CSR secara lengkap (holistic)
2. Mahir membuat Perencanaan Strategik CSR
3. Mampu mengembangkan Kebijakan CSR
4. Paham memilih dan menyusun program aksi CSR yang memberdayakan
5. Dapat merancang stuktur organisasi dan Sumber Daya Manusia yang diperlukan untuk menjalankan CSR
6. Mengerti bagaimana menilai kinerja CSR
7. Mampu mengembangkan Strategi Komunikasi CSR
Pelatihan ini akan membahas Corporate Social Resposibility Management secara cerdas dan menyeluruh (holistic) dari berbagai sudut pandang dan kepentingan pemangku kepentingan, misalnya dari pelaku bisnis, pemerintah daerah, karyawan, konsumen, pemasok, masyarakat secara keseluruhan dan lingkungan hidup.
Dalam pembahasannya dimasukkan pula aplikasi praktis berorientasi bisnis/pelaku usaha menggunakan pendekatan manajemen strategik, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasional dan manajemen waktu. Tidak lupa disinggung pula implikasi sosial, politik, ekonomi dan lingkungan hidup
Pelatihan ini akan terdiri 18 jam efektif dengan ruang lingkup:
v Konsep CSR dan Implikasi Bisnis
v Syarat dan asumsi dasar CSR
v Analisa integral kondisi dan kebutuhan perusahaan
v Perencanaan Strategik CSR
v Penyusunan Struktur Organisasi dan Kebutuhan Tenaga Kerja
v Pengembangan Kebijakan CSR
v Penyusunan Program Aksi CSR
o Manajemen Perusahaan
o Hak Asasi Manusia
o Ketenagakerjaan
o Lingkungan
o Praktik Operasi yang Seimbang
o Konsumen
o Pemasok
o Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat
v Pengembangan Strategi Komunikasi CSR
v Pemantauan dan Pengendalian Aktivitas CSR
v Pengukuran Kinerja CSR
v Studi Kasus CSR di dalam dan luar negeri
v Pelaporan kegiatan CSR berdasarkan ISI 26000 (draft) danGlobal Reporting Initiative
Metoda Pelatihan
Pelatihan ini disusun menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatip, dimana peserta akan menggunakan perusahaannya masing-masing sebagai studi kasus. Sehingga di akhir pelatihan peserta akan akan menghasilkanPedoman CSR (dalam bentuk draft awal) perusahaannya masing-masing.
Pelatihan ini dilaksanakan secara electronic, seluruh materi utama pelatihan , materi tambahan dan materi pelengkap termasuk template CSR akan diberikan dalam bentuk soft copy (CD), sehingga peserta diwajibkan membawa laptop masing-masing lengkap dengan disk drive, termasuk program Microsoft Office dan PDF Reader.
Pelatihan ini 25% berupa pemaparan, 25% berupa aktivitas individu dan tanya jawab, 50% aktivitas kelompok,.
Guna memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan konsultasi, peserta pelatihan dibatasi 25 peserta per batch. Disarankan setiap perusahaan dapat mengirimkan lebih dari satu peserta agar dapat mendiskusi kasus perusahaannya dengan lebih mendalam.
Pelatihan akan dilaksanakan selama dua hari (12 sesi @ 1.5 jam) dari pukul 08.30 22.00.
Tempat dan tanggal Pelatihan:
1. | 27-28 Feb 2010 | Surabaya (Batch1) |
2. | 12-14 Mar 2010 | Balikpapan (Batch2) |
3. | 27-28 Mar 2010 | Denpasar (Batch 3) |
4. | 3-4 Apr 2010 | Bandung (Batch 4) |
5. | 17-18 Apr 2010 | Pekanbaru (Batch 5) |
6. | 15-16 Mei 2010 | Medan (Batch 6) |
7. | 22-23 Mei 2010 | Batam (Batch 7) |
8. | 12-13 Juni 2010 | Denpasar (Batch 8) |
9. | 19-20 Juni 2010 | Menado (Batch 9) |
10. | 26-27 Juni 2010 | Banjarmasin (Batch 10) |
11. | 3-4 Juli 2010 | Jakarta (Batch 11) |
12. | 10-11 Juli 2010 | Surabaya (Batch 12) |
13. | 17-18 Juli 2010 | Balikpapan (Batch 13) |
14. | 24-25 Jul 2010 | Denpasar (Batch 14) |
15. | 7-8 Agst 2010 | Bandung (Batch 15) |
16. | 21-22 Agst 2010 | Pekanbaru (Batch 16) |
17. | 28-29 Agst 2010 | Medan (Batch 17) |
18. | 25-26 Sep 2010 | Batam (Batch 18) |
19. | 2-3 Okt 2010 | Palembang (Batch 19) |
20. | 9-10 Okt 2010 | Jakarta (Batch 20) |
Investasi
v Normal Investasi Rp 7.000.000,- (tujuh juta rupiah)/ per peserta (dilunasi 8 hari sebelum tanggal pelaksanaan)