Custom Search

[Konsultasi-Kesehatan] Diet Sehat Penumpas Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sudah populer di masyarakat, namun tidak sebanding dengan pengetahuan yang harus dipahami oleh masyarakat tentang penyakit persendian ini. Bahkan, masih banyak orang yang salah pengertian tentang penyakit yang biasa disebut hiperurisemia ini yang mengakibatkan rasa nyeri sendi. Gejala nyeri persendian merupakan hal yang paling mudah dirasakan saat kadar asam urat berada di atas ambang batas normal.

Hiperurisemia juga memiliki dampak lain yang sangat beragam. Risiko lainnya dapat mengakibatkan penyakit ginjal, aterosklerosis, hipertensi, penyakit jantung, diabetes, parkinson`s, alzheimer, dan gangguan tidur. Beberapa tahun terakhir para ahli sepakat menjadikan asam urat sebagai penanda penyakit mikrovaskular dan penanda baru perluasan sindrom metabolik. Secara teknis, penyakit ini terjadi karena tubuh gagal memelihara keseimbangan asam urat serum dengan baik.

Kegagalan tersebut disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor mayor maupun minor. Dari sekian faktor penyebab hiperurisemia, pola konsumsi makanan dan minuman memiliki andil besar sebagai penyebab kenaikan asam urat. Ada beberapa macam makanan dan minuman yang berpotensi memicu peningkatan asam urat pada penderita hiperurisemia, yaitu yang mengandung kadar purin tinggi sehingga bertambah di ambang batas normal.

Purin yang dihasilkan dari proses metabolisme tubuh dianggap bertanggung jawab sebagai pencetus hiperurisemia. Selama ini purin eksogen yang berasal dari makanan dianggap sebagai terdakwa pemicu hiperurisemia. Faktanya, peran makanan tinggi purin dalam mendongkrak kenaikan asam urat sangat kecil. Secara alami, tubuh justru menghasilkan purin dalam jumlah berkali lipat lebih besar dibandingkan dengan purin yang berasal dari makanan. Purin eksogen hanya memasok 15—20% asam urat, sedangkan tubuh menghasilkan 80—85% asam urat. Karenanya, diet rendah purin saja belum menjadi jaminan bagi seseorang terbebas dari penyakit ini.

Selengkapnya: http://agromedia.net/utama/diet-sehat-penumpas-penyakit-asam-urat.html


------------------------------------

Membutuhkan bantuan Jasa Recruitment & Headhunter Service ?
Bantuan Training, Konsultasi, Project Perusahaan atau anda sendiri ?
Segera hubungi Konsultan Indonesia untuk kebutuhan anda.
Email : corporate@konsultan-indonesia.com
http://www.konsultan-indonesia.com
Mastering Your ResourcesYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/Konsultasi-Kesehatan/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/Konsultasi-Kesehatan/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
Konsultasi-Kesehatan-digest@yahoogroups.com
Konsultasi-Kesehatan-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
Konsultasi-Kesehatan-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/
Custom Search