Custom Search

RE: [Konsultasi-Kesehatan] Fw: Fwd: Segar Bugar Sepanjang Masa: Secangkir Kopi penuh Antioksidan



Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik..

 

Setiap individu memiliki kebutuhan yg berbeda, tentu ada faktor2 kenapa harus minum kopi.

Di kutip dari milis sebelah,

 

Biar sama-sama tahu dan tidak memojokkan para penggemar kopi, serta
tidak membuat orang-orang yang ingin sekali merasakan kenikmatan
secangkir kopi berpikir dua kali karena terlalu banyak efek negatif yang
mereka dengar sampai akhirnya takut untuk merasakan. Berikut ini
beberapa manfaat yang bisa dinikmati para penggemar kopi :

* Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari
tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong
jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada
kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat,
minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

* Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein
yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup
menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari
Chicago's Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori
ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir
black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit
kepala Anda dengan minuman berkafein.

 

Dan jika semua sesuai dengan porsinya akan lebih indah dan lebih baik lagi.

 

Regards,

Halima

 

 

 

----------------------------
Pesan ini (termasuk lampirannya) hanya untuk digunakan oleh penerima yang dituju.  Pesan ini mungkin mengandung informasi rahasia dan/atau informasi dagang rahasia dari perusahaan Mattel. Apabila Anda bukan penerima yang dituju.  Anda tidak diperbolehkan menyalin, menyebarluaskan atau menggunakan informasi ini untuk tujuan apapun, dan Anda harus menghapus pesan ini dan segera menginformasikannya kepada pengirim.

 

This message (including any attachments) is only for the use of the person(s) for whom it is intended. It may contain Mattel confidential and/or trade secret information. If you are not the intended recipient, you should not copy, distribute or use this information for any purpose, and you should delete this message and inform the sender immediately.

From: Konsultasi-Kesehatan@yahoogroups.com [mailto:Konsultasi-Kesehatan@yahoogroups.com] On Behalf Of quanyin yogi
Sent: Wednesday, May 30, 2012 12:13 PM
To: Konsultasi-Kesehatan@yahoogroups.com
Subject: [Konsultasi-Kesehatan] Fw: Fwd: Segar Bugar Sepanjang Masa: Secangkir Kopi penuh Antioksidan

 

 

Kalau dulu, vitamin menjadi idola para industri kesehatan, sebagai suatu senjata promosi yang sangat prima,

sekarang orang menggunakan antioksidan sebagai ujung tombak pemasarannya.

Bahkan, para pecandu kopi dan pecandu teh juga mengatakan bahwa kopi dan teh hijau termasuk sebagai

minuman kesehatan.

 

Akibat iklan, hampir semua orang terobsesi dengan perkataan "makanan baik" atau "makanan kesehatan" dan tak luput juga

para praktisi dan pemerhati kesehatan, yang dipikirkan dan ditelitinya adalah berapa kandungan nutrisi tiap makanan.

Mereka berkutat menghitung tentang berapa banyak yang  masuk, yang kurang, tetapi tak pernah berpikir

bagaimana berusaha agar tidak hilang dan juga tak berpikir apakah benar bisa terserap dengan baik atau bahkan akan

membuatnya jadi berlebihan.

 

Sering membaca artikel tentang manfaat kopi bukan?

 

 

---------- Forwarded message ----------
From: light 99
Date: 2012/5/30
Subject: Segar Bugar Sepanjang Masa: Secangkir Kopi penuh Antioksidan
To: segarbugarsepanjangmasa@googlegroups.com

Secangkir Kopi penuh Antioksidan

 

Secangkir kopi di pagi hari dengan teman beberapa potong kue atau gorengan merupakan sebuah ritual nikmat yang banyak dilakukan orang. Alih-alih bertanya, apakah sudah belajar bersyukur, orang lebih sering bertanya, "sudah ngopi belum?"

 

Organik

 

Akhir-akhir ini makin banyak artikel dan pembahasan manfaat kopi. Hal-hal negatif yang ditimbulkan kopi makin dilupakan orang dengan, katanya, begitu banyak manfaat kopi bagi kesehatan. Bahkan dikatakan pula, bahwa biji kopi sulit sekali tercemar oleh racun hama (pestisida) sehingga bisa dikatakan pula bahwa hampir semua kopi organik. Ha??? Bagaimana bisa kopi hasil rekayasa genetika, apalagi yang didapat dari kotoran luwak yang sepanjang hidupnya dikurung dan dipaksa makan buah kopi, yang tanamannya terus disemport obat anti hama bisa dikatakan organik atau bebas pestisida?

 

Depresi

 

Ada juga yang mengatakan bahwa kopi bisa mengurangi depresi. Yang ini sangat aneh! Mungkin yang dimaksudkan adalah 'berkurangnya depresi' karena mereka sudah kecanduan pada kopi. Kopi justru menyebabkan depresi karena tubuh dipicu melebihi kapasitas, kesegaran yang nampak timbul hanyalah berupa stimulan. Kopi tidak memberikan kalori atau energi bukan?

 

Diabetes Tipe-2

 

Kemudian juga mengatakan bahwa kopi bisa mengurangi resiko diabetes tipe2 karena kopi mempercepat metabolisme sehingga meningkatkan toleransi tubuh terhadap glucose.

 

Oh, glucose? Pada penderita diabetes tipe 2, glucose sulit atau gagal masuk ke dalam sel-sel tubuh sehingga kadar gula tetap tinggi di dalam darah. Gara-gara kopi lalu tubuh toleran terhadap glucose sehingga sekalipun gula darah tinggi tubuh tetap sehat tidak ada resiko menderita borok, gagal ginjal, glaukoma dst? Jadi, 'apakah mengkonsumsi gula sederhana banyak-banyak dan minum kopi maka pasti tidak akan punya pengaruh pada kesehatan...?" Pasti berpengaruh sangat buruk pada kesehatan, kopi tidak akan bisa berperan apa-apa.Tidak ada orang yang berani mencobanya.

 

Antioksidan

Selain itu, orang juga sering menyebutkan bahwa kopi mengurangi kolesterol jahat dan kopi mengandung banyak antioksidan bahkan dikatakan juga bahwa antioksidan pada kopi jauh lebih banyak ketimbang yang ada pada teh hijau.

Antioksidan dianggap penting karena merupakan zat yang melawan zat oksidan atau yang dikenal sebagai radikal bebas. Radikal bebas ini dapat memulai sebuah reaksi berantai dalam sel yang menyebabkan kerusakan atau kematian sel atau juga pertumbuhan sel-sel kanker.

Tetapi antioksidan tidak selalu menguntungkan. Antioksidan juga dapat menghambat penyerapan zat besi (Fe) dan seng (Zn) dalam proses pencernaan di usus (gastrointestinal tract)1).

Konsumsi antioksidan dalam jumlah banyak dalam jangka panjang juga bisa berakibat buruk yang serius. Penelitian pada penderita kanker paru-paru akibat merokok menunjukkan bahwa suplemen beta-carotene dan vitamin A justru meningkatkan kanker itu sendiri2,3,4).

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin E dapat meningkatkan terjadinya kematian5) dan meningkatkan resiko terjadinya kanker kolon6).

Masih banyak 'akibat buruk bagi kesehatan' yang lain bila kita mengkonsumsi vitamin berlebihan.

Memang antioksidan perlu untuk mengeliminasi atau menghentikan gerakan elektron, atau radikal bebas. Elektron bebas di dalam tubuh dapat merusak segalanya. Antioksidan akan memberikan sebuah elektron kepada radikal bebas agar bisa netral. Tetapi, apa yang terjadi bila radikal bebas itu tidak ada, siapa lalu yang diberi elektron?

 

Elektron dari antioksidan ini juga akan bergerak bebas dan menjadi radikal bebas. Kalau sebuah antioksidan mendonasikan sebuah elektronnya maka bisa jadi dia sendiri menjadi kekurangan elektron dan menjadi radikal bebas.

 

Tiap antioksidan memiliki potensial untuk menjadi radikal bebas yang lain.

Semisal vitamin C, sebagai antioksidan, setelah mendonasikan elektronnya maka dia akan menjadi sebuah 'ascorbyl radical', suatu zat radikal bebas, yang tentu saja juga menjadi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh.

Banyak yang berpendapat bahwa antioksidan dapat menurunkan atau bahkan memulih kembali efek-efek penuaan. Tetapi suplemen antioksidan juga bisa mengganggu kesehatan karena bisa menyebabkan overdosis. Keseimbangan sistem metabolisme terganggu sehingga sulit bernafas, otot kaku dan varises.

 

Keseimbangan

 

Keharmonisan kerjasama atau keseimbangan oksidan dan antioksidan, seperti layaknya keseimbangan antara asam dan basa, merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Keseimbangan itu tidak mungkin dicapai dengan sekedar menambahkan suatu suplemen antioksidan. Keseimbangan juga tidak pernah tercapai jika kita terus menambah oksidan atau radikal bebas ke dalam tubuh.

 

Buang dan hilangkan asupan radikal bebas, seperti : a. Daging, susu, telur, ikan dan produk yang terbuat darinya, b. segala jenis makanan yang diproses, c. segala jenis bumbu (gula, garam, merica, MSG dst), d. gorengan, e. tepung (nasi, roti dst) dst. Perbanyak makan buah manis segar matang dan lengkapi dengan sayur segar yang berwarna hijau.

 

Sekalipun kita memerlukan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, antioksidan dst tetapi kebutuhan kita tidak bisa terpenuhi dengan suplemen satu atau beberapa jenis saja.

 

B kompleks adalah kumpulan beberapa vitamin B, tetapi tentu ini juga tidak cukup. Terdapat ratusan ribu jenis vitamin yang kita perlukan sekaligus agar vitamin atau zat-zat itu bisa kita manfaat secara maksimal dan tidak berlebih. Peneliti kesehatan terus mencari dan mencari bentukan vitamain itu dan selamanya mereka tidak akan pernah selesai menemukan nama-nama dan jenis-jenis vitamin baru. Hal ini sangat menguntungkan bagi industri kesehatan.

 

Sementara itu, tumbuhan mengajak kita bekerja sama untuk melangsungkan kehidupannya. Buah masak disiapkan untuk kita  dengan sangat sempurna, sehingga kita akan mendapatkan segalanya dengan sempurna pula, tanpa khawatir menjadi terlalu banyak. Alam sudah mengatur semuanya dengan begitu baik dan sempurna, tetapi sering sekali kita merusaknya, memetiknya sebelum matang, memanaskan dan memasaknya sebelum dimakan.

 

Nah, semoga kita tidak lagi minum kopi atau teh hijau demi memenuhi kebutuhan antioksidan dan menghilangkan kolesterol buruk.

Hanya buah manis segar matang tanpak lemak dan sayur berwarna hijau sajalah yang memberikan tubuh sesuatu yang terbaik.

 

Alih-alih berpikir menambah suplemen vitamin atau suplemen antioksidan..., lebih baik mencari makanan segar yang utuh dan tidak diproses serta murah dan sedang musim tanpa usah pusing dengan berbagai perdebatan para ilmuwan kesehatan.

 

Segar bugar sepanjang masa dan makin keren... tentu menjadi idaman kita semua. Mari kita membuatnya menjadi kenyataan...

------------------------------

1)Hunt J. "Bioavailability of iron, zinc, and other trace minerals from vegetarian diets", American  Journal of Clinical Nutition 78 (3 Suppl): 633S–639S. 2003.

2)Omenn G, Goodman G, Thornquist M, Balmes J, Cullen M, Glass A, Keogh J, Meyskens F, Valanis B, Williams J, Barnhart S, Cherniack M, Brodkin C, Hammar S, "Risk factors for lung cancer and for intervention effects in CARET, the Beta-Carotene and Retinol Efficacy Trial", Journal of National Cancer Institute 88 (21): 1550–9, 1996.

3)Albanes D ,"Beta-carotene and lung cancer: a case study", American  Journal of Clinical Nutition  69 (6): 1345S–50S, 1999.

4)Bjelakovic, G; Nikolova, D; Gluud, LL; Simonetti, RG; Gluud C , Bjelakovic, Goran. ed. "Antioxidant supplements for prevention of mortality in healthy participants and patients with various diseases", Cochrane Database of Systematic Reviews (2): CD007176, 2008.

5)Miller E, Pastor-Barriuso R, Dalal D, Riemersma R, Appel L, Guallar E , "Meta-analysis: high-dosage vitamin E supplementation may increase all-cause mortality", Annals of Internal Medicine 142 (1): 37–46, 2005.

6)Bjelakovic G, Nagorni A, Nikolova D, Simonetti R, Bjelakovic M, Gluud C, "Meta-analysis: antioxidant supplements for primary and secondary prevention of colorectal adenoma", Alimentary Pharmacology Therapheutics 24 (2): 281–91, 2006.

--
___________________________________
 
Pola Makan Segar merupakan suatu pola makan yang dapat membuat tubuh memiliki kesempatan lebih besar untuk memulihkan diri, memperbaiki diri dan meningkatkan kesehatan. Kita akan menjadi makin kagum dan terkejut bahwa sesungguhnya tubuh ini begitu indah dan hebat.
 
Sekalipun "Makanan Segar bukanlah Obat" tetapi ...menjadi lebih sehat, lebih bugar, lebih bersemangat, lebih ceria, lebih bahagia dan menjadi sangat-sangat keren hanyalah sekedar efek sampingan kecil setelah kita melakukan pola makan segar dan pola hidup yang baik.
 
Ulasan 'seputar kesehatan yang sering tidak kita pikirkan' yang lain dapat didapatkan dengan membuka atau join di :
http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa

 

 



__._,_.___


Membutuhkan bantuan Jasa Recruitment & Headhunter Service ?
Bantuan Training, Konsultasi, Project Perusahaan atau anda sendiri ?
Segera hubungi Konsultan Indonesia untuk kebutuhan anda.
Email : corporate@konsultan-indonesia.com
        http://www.konsultan-indonesia.com
        Mastering Your Resources




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
Custom Search