Custom Search

[Konsultasi-Kesehatan] Fw: Fwd: Segar Bugar Sepanjang Masa: OBAT FLU




---------- Forwarded message ----------
From: light 99
Date: 2012/5/21
Subject: Segar Bugar Sepanjang Masa: OBAT FLU
To: segarbugarsepanjangmasa@googlegroups.com

OBAT FLU

Pada acara Segar Bugar di RRI Denpasar Hari Kamis, tanggal 17 Mei 2012 yang lalu, dibicarakan tentang obat flu. Hampir semua obat flu mengandung acetaminophen, padahal Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA) mencatat bahwa :

·         dari tahun 1998 hingga 2003: 48% kerusakan hati yang terjadi di Amerika Serikat disebabkan oleh overdosis penggunaan acetaminophen
·         dari laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada tahun 2007: rata-rata terjadi 1600 kasus kerusakan hati yang parah tiap tahun di Amerika Serikat

Gejala kerusakan hati itu terlihat sebagai : mual sampai muntah, kulit dan mata berwarna kekuningan, warna air seni yang pekat seperti teh, nyeri di perut kanan atas, dan rasa lelah dan lemas.

Acetaminophen juga sering menimbulkan alergi seperti kulit kemerahan, gatal, bengkak dan terkadang juga menimbulkan sesak nafas.
Baca ulasan tentang "Sering atau Sedang Pilek, Batuk atau Flu?" di : http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa/browse_thread/thread/c09169ecc52094e6#
Obat-obat itu hanya bergerak memperlambat proses penyembuhan alami yang dilakukan tubuh, jadi sesungguhnya mereka tidak menyembuhkan tetapi justru memperlambat. Mereka yang minum obat-obat itu tidak kunjung sembuh, hanya berkurang saja penderitaannya. Padahal, kita minum obat dengan tujuan agar cepat sembuh bukan?
 
Tanggapan
- Benarkah hal itu? Begitu berbahayakah obat flu itu?
Jawab :

Kriteria 'berbahaya' atau 'beracun' tidak pernah selesai dibicarakan dan bahkan sudah tak pernah lagi dibicarakan. Yang diperhatikan kebanyakan orang hanyalah kalau hal itu berakibat  "kematian" atau "cacat fisik" dalam beberapa hari kemudian. Di luar itu, orang lebih cenderung untuk tidak berpikir apakah sesuatu itu berbahaya atau mengganggu kesehatan tubuh atau tidak.
Dengan pandangan itu, jarang sekali atau hampir tidak pernah ada kasus seperti orang meninggal karena 'obat flu'. Palingan orang meninggal karena 'sakit jantung', 'gagal ginjal', kanker dst..
Hanya saja, haruskah kita menurunkan kualitas kesehatan kita dengan mengkonsumsi obat flu?
- Apa perlu minum antibiotika?
Jawab :

Dari kata-katanya, antibiotika berasal dari kata "anti" yang artinya "melawan" atau "membunuh" atau 'menghentikan" dan "bios" yang artinya "hidup" atau "kehidupan", sehingga antibiotika juga bisa berarti 'anti kehidupan'. Kemudian definisi berkembang, antibiotika menjadi antibakteri (antibacterials). Sehingga artinya, lebih khusus ditujukan untuk membunuh bakteri.
Jadi, kalau "flu" atau sakit "disebabkan" oleh bakteri, mungkin diperlukan antibiotika tapi itupun harus diberikan dan dalam pengawasan praktisi kesehatan yang baik. Hanya saja, kebanyakan flu bukan disebabkan oleh bakteri, tetapi oleh virus. Padahal masih diragukan virus itu kehidupan atau bukan. Yang jelas, virus tidak bisa dibunuh atau dihentikan perkembangannya dengan antibiotika atau antibakteri atau anti kehidupan itu.
Bisa ditegaskan bahwa kalau disebabkan oleh virus, tanpa ada deteksi adanya bakteri yang memperparah penyakit, kita tidak memerlukan antibiotika dan akan jauh lebih baik jika justru menghindarinya.
Apakah harus tidur 8 jam sehari?Berapa banyak waktu yang kita perlukan untuk tidur?
Jawab :
Baca juga ulasan tentang "Kurang Tidur? Perlu Tidur?" :
Yang penting bukan keadaan tidur itu sendiri, tetapi keadaan sesudah bangun tidur. Apakah tidur  2 hari penuh, 8 jam , 3 jam atau tidak sama sekali, apa gunanya kalau kita setelah itu kita tidak merasakan kesegaran dan kepuasan?
Tidur diperlukan untuk beristirahat, yaitu supaya tubuh lebih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri, memulihkan bagian yang rusak, ketimbang harus bekerja keras di bidang-bidang yang lain, termasuk mencerna makanan.

Jika tidak banyak menggunakan kegiatan fisik dan makan kita relatif buruk (seperti rata-rata orang Amerika), sekurangnya 80% energi yang kita gunakan adalah untuk melakukan proses pencernaan. Jadi, sekalipun kelihatannya tidur, tubuh tidak pernah beristirahat total. Makin sederhana yang kita makan, makin segar, atau bahkan tidak makan sama sekali, makin mudah tinggi kesempatan tubuh untuk beristirahat dan memulihkan segalanya.

Jadi, alangkah bijak  bila berpikir "berapa banyak kita sudah memberikan kesempatan tubuh untuk memulihkan diri" ketimbang "berapa lama kita harus tidur".
- Bagaimana mengatasi supaya tidak gampang flu, sariawan dan ga gampang sakit kalau kehujanan atau ngilu saat mandi malam?
Jawab :

Kalau kondisi tubuh tidak terlalu asam atau terlalu basa, kalau kondisi tubuh seimbang, virus apapun tidak mudah untuk berkembang dalam tubuh. Menghindari hal-hal yang mengganggu keseimbangan tubuh, misalnya : aktifitas fisik berlebihan, stres berkepanjangan dan mengkonsumsi makanan yang diproses panjang akan membuat tubuh tahan terhadap segala cuaca. Gejala-gejala flu seperti sariawan, pilek dst tidak akan muncul lagi. Rematik akibat kerusakan tulang sehingga ngilu jika hawa dingin tidak akan pernah kita jumpai lagi.
- Kalau sering pegal, ngilu persendian, apa yang harus kita lakukan?
Jawab:

Itu adalah gejala arthritis. Baca ulasan tentang "rematik, 10"  dan "rematik, 11" di
 
Lakukanlah secara bertahap :

Tahap 1, Hindari Produk Hewani Sama Sekali
Tahap 2, Semi Segar (Mentah)
Tahap 3, Benar-benar Segar:
-      banyak buah manis segar tak berlemak
-      sempurnakan dengan sayur segar berwarna hijau (sekitar 200 gram per hari)
-      paparan sinar matahari
-      olah raga yang tepat
-      selalu bersyukur kepada Tuhan
 
 
Semoga selalu sehat, segar, bugar sepanjang masa!
--
___________________________________
 
Pola Makan Segar merupakan suatu pola makan yang dapat membuat tubuh memiliki kesempatan lebih besar untuk memulihkan diri, memperbaiki diri dan meningkatkan kesehatan. Kita akan menjadi makin kagum dan terkejut bahwa sesungguhnya tubuh ini begitu indah dan hebat.
 
Sekalipun "Makanan Segar bukanlah Obat" tetapi ...menjadi lebih sehat, lebih bugar, lebih bersemangat, lebih ceria, lebih bahagia dan menjadi sangat-sangat keren hanyalah sekedar efek sampingan kecil setelah kita melakukan pola makan segar dan pola hidup yang baik.
 
Ulasan 'seputar kesehatan yang sering tidak kita pikirkan' yang lain dapat didapatkan dengan membuka atau join di :
http://groups.google.com/group/segarbugarsepanjangmasa





__._,_.___


Membutuhkan bantuan Jasa Recruitment & Headhunter Service ?
Bantuan Training, Konsultasi, Project Perusahaan atau anda sendiri ?
Segera hubungi Konsultan Indonesia untuk kebutuhan anda.
Email : corporate@konsultan-indonesia.com
        http://www.konsultan-indonesia.com
        Mastering Your Resources




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___
Custom Search